Follow us

MAP

http://www.openstreetmap.org/#map=12/-7.8190/110.4068

FLAG COUNTER

Flag Counter

CUACA

Senin, 04 April 2016

GURU HEBAT....MEMOTIVASI SISWA

Cara memotivasi Siswa Belajar


Jangan biarkan siswa mengalami keragu-raguan

Pada sebuah kegiatan pembelajaran di kelas, guru yang waspada seringkali dapat
merasakan bahwa ada beberapa siswa yang tampak kurang percaya diri dan tampak ragu-ragu dalam melakukan kegiatan pembelajarannya. Siswa yang punya keragu-raguan ini memerlukan bantuan guru. Anda dapat menolong mereka dengan mempersilakan mereka mengerjakan kegiatan belajar tersebut (misal mengerjakan soal, menyusun atau membuat sesuatu, dsb). Sampaikan kepada mereka, bahwa mereka tidak perlu takut akan melakukan kesalahan. Guru dapat mengingatkan mereka bahwa kesalahan dalam belajar itu adalah hal yang sangat wajar. Ingatkan pada peristiwa-peristiwa berkesan dalam hidup mereka, misalnya saat
pertama kali belajar bersepeda. Semua anak yang belajar bersepeda, pasti pernah jatuh, bahkan lecet-lecet pada lutut dan siku. Atau saat mereka belajar berenang. Kemasukan air ke dalam hidung, terminum air kolam atau sungai, itu adalah konsekuensi yang harus diterima jika ingin pandai berenang. Jadi, demikian juga bila ingin belajar tentang materi tertentu dalam pembelajaran di sekolah. Katakan pada siswa, bahwa anda sangat mentolerir kesalahan mereka dalam belajar.

Tidak ada yang lebih kuat daripada motivasi intrinsik

Apa yang membuat seorang anak ingin bisa bersepeda? Mereka kelihatan begitu gigih. Mereka rela terluka, terjatuh, benjol, dan kesakitan? Itu karena mereka memiliki motivasi intrinsik yang sangat kuat. Seyogyanya, motivasi yang kuat dari dalam diri siswa seperti saat mereka ingin bisa bersepeda itu juga harus dibangun di dalam pembelajaran guru. Anda dapat melakukannya pada saat sesi pengumuman nilai, baik nilai tugas, ulangan, PR, atau apapun. Atau, setelah mereka berhasil menyelesaikan sebuah tugas tertentu pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tanya mereka, bagaimana rasanya memperoleh nilai yang bagus, atau hasil yang memuaskan, atau berhasil menyelesaikan sebuah soal hitungan yang cukup rumit. Selalu, dengan adanya upaya yang cukup keras dan sungguh-sungguh, lalu mereka memperoleh sebuah keberhasilan, maka mereka akan merasakan suatu kepuasan tersendiri. Buat mereka menyadari kondisi ini. Siswa kita, seringkali tidak sadar bahwa dengan upaya yang cukup keras dan sungguh, lalu memperoleh hasil yang baik, akan mampu membahagiakan batin mereka. Berikan penyadaran ini agar mereka mengulang kembali upaya-upaya positip tersebut dengan jelas.

Apa minat siswa anda?

Guru yang baik dan mampu memotivasi siswanya selalu berupaya membuat pembelajarannya selaras dengan minat siswa. Ini memang susah-susah gampang. Guru harus kreatif dan punya pengetahuan yang cukup tentang materi pembelajarannya. Dengan demikian, guru akan bisa mengaitkan materi pembelajaran dengan minat siswa-siswanya. Memberikan materi tambahan yang sesuai dengan minat siswa akan memotivasi mereka untuk belajar. Tidak perlu banyak, yang penting cukup untuk menyatakan bahwa materi pembelajaran anda menarik bagi siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
$(".tabs-widget-content-widget-themater_tabs-1432447472-id").hide(); $("ul.tabs-widget-widget-themater_tabs-1432447472-id li:first a").addClass("tabs-widget-current").show(); $(".tabs-widget-content-widget-themater_tabs-1432447472-id:first").show(); $("ul.tabs-widget-widget-themater_tabs-1432447472-id li a").click(function() { $("ul.tabs-widget-widget-themater_tabs-1432447472-id li a").removeClass("tabs-widget-current a"); $(this).addClass("tabs-widget-current"); $(".tabs-widget-content-widget-themater_tabs-1432447472-id").hide(); var activeTab = $(this).attr("href"); $(activeTab).fadeIn(); return false; }); });